Minggu, 14 September 2014

Beberapa pertanyaan tentang Metode Pembelajaran Kooperatif

1.Mengapa kita sebagai mahasiswa khususnya FKIP harus menempuh Metode Pembelajaran Kooperatif?
2.Apa pengertian dari Metode Pembelajaran Kooperatif?
3. Apakah Metode pembelajaran Kooperatif cocok diterapkan disemua jenjang pendidikan? berikan alasannya!
4. Kepada siapa paling cocok Metode Pembelajaran Kooperatif diterapkan? berikan alasannya!


1.    Menurut saya mengapa kita oerlu mengetahui metode pembelajaran kooperatif karena sebagai mahasiswa FKIP yang nantinya akan lulus dan bekerja sebagai pendidik akan berhadapan dengan dunia pendidikan. Didalam dunia pendidikan nanti kita akan berhadapan dengan siswa yang mempunyai berbagai sifat dan karakter. Tugas kita sebagai pendidik adalah memdidik siswa kita dari yang tidak tahu menjadi tahu. Dengan sifat dan karakter siswa yang bermacam-macam itu maka kita hendaknya juga mengetahui berbagai macam metode pembelajaran yang sekiranya cocok kita terapkan pada siswa kita. Salah satunya adalah metode pembelajaran kooperatif. Didalam metode pembelajaran kooperatif ini ada berbagai jenis seperti STAD, TAI, JIGSAW dan lain-lain. Metode pembelajaran kooperatif merupakan metode pembelajaran yang menitikberatkan pembelajaran pada kegiatan diskusi. Siswa akan belajar hal baru secara diskusi dengan kelompok sebayanya. Dengan sistem belajar seperti ini diharapkan siswa akan lebih faham dengan apa yang mereka pelajari karena mereka belajar dengan teman sebayanya. Maka dari itu mahasiswa khususnya fkip perlu mempelajari metode pembelajaran kooperatif mengingat keuntungan dari pembelajaran itu yang nantinya akan berguna untuk bekal kita setelah terjun sebagai pendidik yang sebenarnya.
2.    Metode pembelajaran kooperatif merupakan suatu metode pembelajaran dimana proses pembelajarannya dilaksanakan secara berkelompok. Jadi peran belajar kelompok siswa lebih dominan. Guru akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang heterogen dimana disetiap kelompok tersebut diberi suatu permasalahan untuk didiskusikan dan kemudian di presentasikan. Dalam hal ini siswa dituntut untuk lebih aktif karena mereka akan belajar menurut kelompoknya masing-masing.
3.    Metode pembelajaran kooperatif tidak semudah itu bisa diterapkan disemua jenjang pendidikan adakalanya bisa diterapkan disuatu jenjang dan sebaliknya, hal ini karena didalam metode pembelajaran kooperatif kegiatan belajar kelompok lebih diutamakan. Berhasil atau tidaknya tujuan pembelajaran sangat ditentukan oleh keberhasilan diskusi mereka. Misalnya siswa sd yang pada dasarnya belum memiliki rasa tanggung jawab dan cenderung lebih suka bersenang-senang akan kesulitan jika disuruh belajar sendiri apalagi untuk belajar secara berkelompok.
4.    Metode pembelajaran kooperatif lebih cocok diterapkan pada jenjang universitas karena mahasiswa yang seharusnya sudah siap disemua aspek, sifat dan karakter yang sudah terbentuk, pengetahuan yang luas dan kematangan emosionalnya akan lebih suka jika disuruh untuk belajar secara berkelompok atau menggunakan pembelajaran model kooperatif dari pada dengan menggunakan metode ceramah yang pastinya akan membosankan.

menurut ELVI YENITA RAHAYU Mahasiswi UST semester 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar